Kamis, 06 Mei 2010

Ayah Juga Perlu Memasak untuk Anak

Orangtua perlu menyiapkan kesabaran tiga kali lipat agar anak doyan makan di rumah. Dibutuhkan kreativitas yang membuat waktu makan menarik perhatian anak. Menu makan pun harus dipertimbangkan agar tak sekadar asal kenyang, tetapi juga terpenuhi nutrisinya.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, mengingatkan nutrisi seimbang didapatkan dari perhitungan komposisi dari seluruh unsur gizi. Karbohidrat, misalnya, jumlahnya 50-60 persen dari kalori total. Yang dibutuhkan terutama karbohidrat kompleks seperti nasi, buah, dan sayur. Protein sebanyak 15-20 persen, seperti susu, putih telur, ikan, ayam, tempe, dan tahu. Lemak sebesar 30 persen, serta vitamin dan mineral seperti B1, B2, B3, B6, B9, B12, D, dan E.

Jika kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi, lantas bagaimana membuat anak betah makan di rumah?

Presenter Erwin Parengkuan dengan sang istri, Jana, berbagi caranya. Pasangan ini meluangkan waktu memasak untuk keluarga.

"Setiap weekdays, Jana yang memasak. Saat weekend biasanya bergantian, saya yang memasak untuk keluarga," aku Erwin, dalam talkshow "Sustagen 100% Day" beberapa waktu lalu.

Menurut Erwin dan Jana, peran orangtua menentukan bagaimana anak menyenangi makanannya. Mendisiplinkan anak mengikuti jadwal makan, dan kreativitas dalam memasak makanan, mempengaruhi selera makan anak. Bahkan, mendiskusikan menu makanan dengan anak-anak juga akan membantu anak gemar makan di rumah.

Menanggapi trik ini, dr Fia menegaskan orangtua memang perlu membuat kreasi masakan sesuai kebutuhan.

"Orangtua harus lebih pintar mengatasi masalah makan anak, karena sedang bersaing dengan pedagang makanan yang mungkin lebih menarik perhatian anak. Memasak makanan juga tidak asal masak, namun perlu kreasi. Anak akan belajar untuk menyukai makanan hasil kreasi orangtuanya," papar dr Fia.

Orangtua, menurutnya, perlu punya banyak referensi dan perlu terlibat bersama dalam mengatasi masalah makan anak.



DIPOSTKAN OLEH SHOWROOM CAHAYA INTAN MOTOR


cahayaintan1@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar