Rabu, 24 Februari 2010

Usir Karat di Leher Knalpot Motor

Yang punya motor, coba perhatikan pada leher knalpot. Pasti terdapat karat, yang kalau didiamkan bisa membolongkan pipa saluran buang tersebut. Munculnya karat lantaran suhu yang begitu panaas di leher knalpot ketimbang di bagian ujungnya.

Sehingga, kotoran yang menempel langsung lumer dan mambantu cepatnya proses timbul karat. Aprianto, mekanik Cemerlang Motor di Pondok Gede,Jakarta Timur membagi ilmu cara melenyapkan karat.

Persiapkan oli bekas (sudah tidak terpakai), kemudian hidupkan mesin selama kira-kira 5 menit supaya knalpot panas. Untuk menyakinkan kalau knalpot sudah panas, dekatkan tangan (jangan sampai menempel). Kian panas, justru maskin bagus.

Kemudian oleskan oli ke bagian yang berkarat. Jangan kaget, timbul asap karena pelumas bekas yang sudah dioles menguap terkena panas. Pesan Aprianto, usah penasaran kenapa karat tidak langsung rontok.

Nanti karat di leher knalpot hilang sendirinya, sedikit demi sedikit," ujar pria asal Bukittinggi, Sumatra Barat. (Niza)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Mari Bersihkan Dasbor Mobil

Sama seperti bodi, dasbor mobil juga perlu tampil bersih. Hanya, mungkin pengerjaannya tidak serutin eksterior. Bila kurang mendapat perhatian, bisa timbul retak-retak, yang tentu tak sedap dipandang mata.

Bagian itu bisa rusak lantaran diserang dua suhu udara sekaligus, panas oleh terik matahari, dan dingin (AC). Agar dasbor awet dan enak dilihat, tak ada salahnya, bila punya waktu senggang, dibersihkan.

Hal itu tidak rumit karena luas bidangnya kurang dari seperempat luas bodi mobil. Kemudian, sudah dijual cairan khusus buat mengilapkannya. Namun, ada cairan yang tidak boleh dipoleskan ke dasbor.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini
1. Bersihkan dasbor menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu. Ingat, kalau bisa ujung vacuum yang ada bulu-bulu (sebagai pembatas) agar permukaan dasbor tidak tergores.

2. Bersihkan sela-sela dasbor, seperti antara kisi-kisi AC, tape, dan yang lainnya, bisa dengan kuas atau sikat halus. Hindari menggunakan sikat gigi, bisa membuat baret.

3. Gunakan cairan pembersih khusus dasbor yang berbahan dasar air atau mengandung UV protection agar dasbor semakin tahan terhadap sengatan terik matahari.

4. Semprotkan cairan buat mengilapkan pada permukaan dasbor. Lantas, seka dengan lap microfiber.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Jangan Abaikan Kisi-kisi AC

Saat membersihkan interior, terutama dasbor, terkadang pemilik kendaraan suka lolos menyentuh kisi-kisi air conditioner (AC). Padahal, di situ berkumpul "kuman-kuman" yang butuh perhatian ekstra untuk melenyapkannya.

Alat yang dibutuhkan kuas mini (untuk menggambar), sikat gigi, lap micro fiber, cotton bud, dan cairan multi-purpose cleaner (MPC) yang disebut degreaser mengandung asam. Tugas kuas dan sikat, untuk menggelontorkan "si kuman" yang menempel pada kisi-kisi, tergantung jenis dan ketebalan kotoran. "Kalau hanya debu, gunakan kuas mini tanpa cairan pembersih," bilang Hery Firmansyah dari salon mobil Gleam di Arteri Kedoya, Jakarta Barat.

Sebagai catatan, penggunaan cairan deagreser ada aturannya, yaitu harus dicampur air dengan perbandingan 1:8 untuk kotoran ringan dan 1:4 untuk kotoran yang sudah parah. Terus, cairan tak boleh disemprotkan langsung ke kisi-kisi karena kotorannya justru bisa masuk ke lubang AC. Sebaiknya, gunakan cotton bud yang disemprot cairan atau sudah dicelupkan ke MPC.

Membersihkan kisi-kisi AC cuma butuh waktu 20 menit, dengan kondisi ringan. Kalau debunya tebal, bisa sampai sekitar 30 menit. Kalau dibawa ke salon, seperti Gleam yang membuka harga Rp 500.000, proses itu sekalian membersihkan dasbor berikut jok dan plafon. (Rahmat)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Yuk, Bersihkan Velg Mobil

Bagi pemilik mobil, kalau tidak ada niat jalan-jalan, yuk membersihkan velg. Bodi boleh kinclong, tapi kalau kondisi keempat rim kusam, bikin tampilan kendaraan kurang sempurna. Dan jangan anggap enteng membersihkan atau merawatnya. Apalagi yang sudah dilapisi krom, jika mengerjakannya asal-asalan bisa mengelupas.

Nih, langkah-langkah pengerjaannya.
1. Bila mobil baru habis jalan, jangan langsung disiram air. Karena, velg yang masih hangat mudah menimbulkan jamur saat terkena air. Tunggu sampai suhu normal.

2. Pastikan bagian dalam sepatbor sudah bersih. Kalau belum, kotoran yang terciprat ari akan menempel.

3. Cuci menggunakan sampo atau cairan khusus velg. Khusus yang sudah dilapisi krom, pakai cairan pembersih khusus velg krom. Jika tidak, krom akan pudar atau mengelupas.

4. Saat mencuci, untuk menjangkau bagian yang sulit pergunakan kuas atau sikat gigi.

5. Bila sudah bersih, keringkan dengan lap bahan shammy atau chamois.

6. Jika masih ada kotoran, seperti aspal, hilangkan dengan besin atau minyak tanah. "Setelah itu, baru poles pakai white compound, jenis yang paling soft dan enggap bakal merusak finishing velg," jelas Rudy dari Auto Trend, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

7. Sentuhan akhir, poles lagi dengan wax. Menurut Daniel Saputra, Product & Car Care Consultant dari Meguier's, jenis wax beragam tergantung jenis bahan velg (finishing cat, krom, dan aluminium). Jadi, tinggal menyebut jenis finishing dari velg tersebut. (Tomo)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Jangan Buang Uang dengan Memanaskan Mesin Lama-lama

Dengan perkembangan teknologi, cara menghidupkan mesin pada keadaan dingin makin gampang. Tidak perlu lagi dicuk karena mekanisme yang namanya "cuk" tidak ada lagi. Cuk hanya pada mesin atau mobil-mobil "jadul". Juga tidak perlu kaki di pedal gas ketika akan menghidupkan mesin.

Duduklah di belakang setir. Putarlah kunci kontak ke posisi "start" (bila menggunakan tombol, tekan tombol). Mesin yang normal akan langsung, "Jreeeng...."

Kalau dihidupkan dari kondisi dingin—di pagi hari—putaran mesin di atas 1.000 rpm. Untuk mesin kecil, misalnya 1.300 cc, antara 1.100 dan 1.200 rpm. Setelah itu, beberapa puluh detik kemudian, turun dengan sendirinya ke kondisi stasioner normal (langsam), di bawah 1.000 rpm.

Waktu pemanasan mesin memang masih ada, tetapi makin singkat. Paling lama satu menit. Setelah itu, kendaraan bisa digeber. Kalaupun putaran belum kembali ke posisi stasioner, mobil sudah bisa dijalankan.
Disemprot. Itulah kehebatan mesin masa kini. Kebutuhan bahan bakar tidak lagi disedot, tetapi disemprot. Waktu pemanasan dan putaran mesin diatur oleh komputer yang mendapatkan informasi dari berbagai sensor.

Komputer mengatur kerja mesin. Kalau suhu mesin tidak terlalu dingin, tidak perlu pemanasan lama-lama. Dengan cara ini, selain membuat konsumsi bahan bakar pada mesin makin irit, juga mengurangi pencemaran lingkungan.

Pada teknologi injeksi atau semprotan bahan bakar terkini, bensin langsung disemprotkan ke ruang bakar. Waktu pemanasannya pun makin cepat!
Faktor oli. Oli juga menentukan lamanya mesin dipanaskan. Begitu juga ketika distart. Oli berkualitas bagus dan viskositasnya rendah, misalnya sudah masuk kategori “energy conserving”, membuat mesin lebih gampang dihidupkan. Pasalnya, hambatan yang ditimbulkan oli lebih rendah.

Namun, kalau olinya kental atau viskositasnya tinggi, tentu saja dibutuhkan tenaga lebih besar untuk melawannya. Hal ini juga memengaruhi lamanya mesin dipanaskan.

Jadi, di pagi hari, jangan membiarkan mesin stasioner dalam waktu lama. Juga jangan menekan pedal gas agar putaran lebih tinggi dan mesin cepat. Itu berarti membuang uang percuma dan ikut memperburuk lingkungan.

Kalaupun Anda ragu, sebaiknya baca buku petunjuk pemilik. Manfaatkanlah kecanggihan teknologi masa kini! Tidak hanya mesin, tetapi juga olinya!

CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Periksa Mobil Bekas Sesuai Umur

Jelang Lebaran, tak cuma mobil baru, mobil bekas pun ramai diburu. Biasa, 'Back to Kampong' bersama keluarga dengan kendaraan pasti lebih nyaman. Kondisi mobkas di pasaran tidak sama. Tergantung dari usia. Semakin tua, kian banyak bagian yang mesti diteliti.

Bagaimana cara mendeteksi kondisi mobkas berdasarkan umur pakainya? Berikut ini, kami berikan langkah-langkah pemeriksaan untuk kendaraan berusia 1 tahun.

1. Kelengkapan dokumen
Mulai dari STNK, BPKB, faktur pembelian (asli), dan dokumen-dokumen. Untuk mengecek keabsahannya, bisa tanyakan ke Samsat Polda. Kelengkapan dokumen memberi gambaran, bagaimana pemilik memperlakukan kendaraan.

2. Cek fisik
Proses cek fisik di sini bukan meneliti bagian keropos atau bekas tabrakan. Bawa kendaraan ke kantor samsat, tentu seizin pemilik, untuk memastikan bahwa yang tertera di dokumen sesuai dengan yang di mobil.

3. Service record
Dilakukan pada bengkel resmi tempat mobil selalu diservis. Bila mobil yang diinginkan dari ruang pamer mobkas, mintalah izin untuk dicek di bengkel resmi pilihan Anda, walau dikenakan biaya. Tujuannya untuk mengetahui kondisi mobil.

4. Aksesori non-standar
Pemasangan aksesori yang berlebihan, seperti velg lebar, audio, modifikasi eksterior, interior, dan mesin. Semua itu bisa menggugurkan masa asuransi. Konsultasikan masalah ini saat Anda memeriksakan mobil ke bengkel resmi.

5. Masa berlaku garansi
Tanyakan periode dan detail garansi ke bengkel resmi saat memeriksakan mobil. Pastikan garansi masih berlaku.

6. Kondisi bodi
Perhatikan lipatan fender untuk melihat jejak, apakah mobil pernah dipasangi velg lebar. Bila pernah, hal itu berpotensi memperpendek umur komponen kaki-kaki.

7. Buku petunjuk pemakaian dan servis kendaraan'
Sebisanya kedua buku di tangan. Terutama buku servis untuk melakukan pengecekan jadwal servis berkala.

8. Kelengkapan standar
Periksa bagian audio, lampu kabut (foglamp), defogger, dan lain-lain. Bila sudah diganti dengan komponen aftermarket seperti lampu utama, pastikan penggantian tidak mengganggu garansi.

9. Recovery kit
Pastikan ban serep, dongkrak, kunci roda, tool kit standar, dan segitiga pengaman masih lengkap.

10. Asuransi
Asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang hendak dibeli. Tentu, dokumen jual-beli harus komplet. Dengan begitu, proses pun lancar. (Sugihendi)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Senin, 22 Februari 2010

Yang Perlu Diperiksa Saat Beli Mobkas Usia 3 Tahun

Kemarin sudah kami jelaskan bagian-bagian yang mesti diteliti ketika membeli mobil bekas (mobkas) usia satu tahun. Sekarang, bila Anda kebetulan menginginkan mobkas berusia 2 sampai 3 tahun untuk tujuan silaturahim dengan keluarga di kampung, inilah bagian-bagian yang perlu diteliti.

1. Jangan lupa memeriksa 10 langkah mobkas satu tahun.

2. Periksa bodi
Di mobkas setahun juga ada, tapi baru sebatas lipatan di fender. Sekarang, meneliti tulang-tulang bodi. Apakah ada bekas dempul? Caranya, bisa gunakan magnet (bisa punya kulkas) untuk memastikan konstruksi mobil bebas dempul. Cara lain, pakai penggaris atau sebatang kayu. Perhatikan bayangan di bodi, bila refleksi benda (kayu atau penggaris) harmonis, maka kondisi bodi masih layak.

3. Kelengkapan elektronik
Pastikan komponen kelistrikan pada AC, power window, central door lock, lampu-lampu indikator, dan lain-lain masih bekerja baik. Mobil-mobil sekarang banyak yang menggunakan head unit terintegrasi sama dasbor, dan harus baik. Jika tidak, sulit untuk mereparasinya.

4. Kabel-kabel mesin
Cermati kondisi kabel-kabel di seputar mesin. Jika banyak kabel tambahan, apalagi tidak rapi, ada kemungkinan mobil mengalami perubahan di sistem kelistrikan. Hal itu terutama untuk mobil Eropa. Jika kondisi kabel semrawut, batalkan niat membeli. Pasalnya, kelistrikan di mobil Eropa lebih sensitif.

5. Ban
Perhatikan kembangan ban. Meski tebal, teliti apabila di ban ada bekas serutan atau biasa disebut suntikan. Umumnya mobkas dengan bobot lebih berat cepat menghabiskan ban. Keausan ban yang bergelombang bisa dijadikan indikasi kondisi peredam kejut kurang bagus. Patut dicurigai, kalau keausan ban tidak merata, kemungkinan penyetelan suspensi kurang baik. (Sugihendi)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Beli Mobkas Usia Lima Tahun Harus Lebih Teliti

Beli mobil bekas berusia pakai lima tahun lebih murah dibanding yang satu tahun dengan merek sama. Itu betul. Namun, masa garansi sudah hilang. Tak cuma itu, banyak yang mesti diteliti. Selain kelengkapan dokumen, plus bagian yang dicek pada daftar usia 3 tahun, masih ada lima sektor lain.

Inilah sektor-sektor yang perlu diteliti. Bila terlewat, pembeli malah pulang membawa mobil 'busuk'.

1. Periksa bagian seperti dilakukan pada mobil tiga tahun.

2. Mesin
Sebelum dihidupkan, perhatikan kondisi oli melalui tongkat pengukur (dipstick). Bila terlalu kental, ada komponen mesin yang sudah aus. Jangan beli mobil tersebut.

Selain itu, periksa air radiator (mesin kondisi dingin). Jika air bening, itu menandakan bahwa kondisi mesin dan sistem pendingin masih oke.

Setelah hal tadi, hidupkan mesin. Bila Anda mendengar bunyi ketukan yang aneh, atau seperti logam, yang meningkat mengikuti putaran mesin, jauhi mobil tersebut. Periksa juga ujung knalpot, apakah berlumuran oli atau berasap putih. Jika iya, itu pertanda bahwa komponen mesin butuh penggantian. Mobkas Korea umumnya memiliki komponen internal yang tidak seawet mobil Jepang. Untuk mobil asal Eropa, perhatikan sistem pendinginan dengan seksama.

3. Setir dan sistem kemudi
Cek kondisi lingkar kemudi. Bila karet atau kulit pembungkus sudah aus atau licin, bisa dipastikan bahwa mobil tersebut sering dipakai.

Periksa juga jarak main setir dengan cara memutar roda kemudi dalam keadaan mobil diam. Jarak putaran bebas yang terlalu jauh menandakan ada kerusakan pada rumah setir. Pastikan juga power steering dalam kondisi bagus. Cirinya, putaran setir menjadi ringan saat masin dihidupkan. Leleran oli pada rumah setir atau steering rack dan pompa power steering memberi gambaran bahwa ada biaya perbaikan.

4. Kaki-kaki
Untuk gerak roda depan, biasanya kerusakan komponen suspensi lebih cepat terjadi. Untuk mengetahuinya, lajukan mobil melalui jalan bergelombang. Komponen yang sudah aus lebih mudah terdengar.

5. Rem
Periksa volume minyak rem, sebaiknya tidak kurang dari batas minimum (min). Saat mesin hidup, injak rem dan pastikan pedal tidak ambles selama diinjak. Injakan pedal juga tidak boleh terasa berat. Terakhir, jika memungkinkan, lakukan uji jalan. Saat pedal rem diinjak, perhatikan, apakah mobil pindah arah. Selain itu, uji juga kinerja sistem ABS.

6. Transmisi
Untuk matik, apakah respons transmisi pada waktu tuas digeser ke posisi D, atau R dari N berjalan lancar. Bila tidak, ini indikasi ada masalah. Coba bawa jalan, perhatikan apakah respons transmisi mengikuti putaran mesin tanpa selip. Rasakan perpindahan tiap gigi (manual), apakah terasa halus. Jika tongkat bergetar saat mesin dalam kondisi stasioner, kemungkinan bushing transmisi harus diganti.

Periksa mekanisme kickdown, yakni saat mobil melaju konstan, jika pedal gas ditekan dalam, gigi harus pindah ke posisi rendah ditandai dengan melonjaknya putaran mesin. (Sugihendi)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Kredit Suka-suka Tukar-Tambah Avanza dengan Innova

Ingin naik kelas dari Avanza ke Innova agar muat lebih banyak, lebih lega, makin nyaman plus meningkatkan status semakin makmur alias sukses? Atau libur keluarga semakin mantap?

Gampang! Ada Kijang Innova J seharga Rp 179,9 juta yang dapat dimiliki segera melalui kredit suka-suka. Bagi mereka yang sudah punya Avanza, tentu saja lebih gampang. Mereka bisa melakukan tukar tambah alias trade-in di Auto2000, distributor Toyota. Demikian disampaikan oleh Achmad Rizal, Marcomm Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM). Kredit suka-suka hanya bisa diperoleh melalui Toyota Astra Finance Service (TAFS).

Inilah cara yang dikemas dan ditawarkan oleh TAFS dan main dealer Toyota.

Misalkan, Anda punya Avanza 2008. Kalau kondisinya bagus, Avanza itu bisa dijual seharga Rp 120 juta. Nah, setelah itu, manfaatkan skema kredit suka-suka berjangka waktu 3 tahun atau 36 bulan dengan cicilan Rp 2.436.000 per bulan, dan sisa pembiayaan di akhir periode sebesar Rp 53.970.000. Skemanya bisa dilihat di bawah ini:

Skema Estafet Avanza ke Kijang Innova dengan Kredit Suka-suka Avanza G/MT 2008 ke Kijang Innova J

Fase I


Fase II
70%

30%
45%

25%


Total DP

Cicilan Periode 1

Residual Value
Rp 89.398.050

Rp 2.4436.000

Rp 53.970.000
Terdiri dari:

Angsuran/bulan

Pilihan:
Uang Muka+



1.Dilunasi tunai pada bulan ke-36
Cicilan Pertama+



2.Dicicil kembali maksimal 24 bulan**
Asuransi Tahun
Pertama+



3.Trade-in dengan mobil Toyota baru
Asuransi



** Rate bunga sesuai dengan kondisi berlaku saat kredit

Dengan skema kredit tersebut, berarti Anda harus membayar uang muka Rp 89.398.050, sudah termasuk cicilan pertama, asuransi tahun pertama, dan biaya administrasi. Anda masih punya dana dari sisa menjual Avanza, Rp 30.601.950.

Nah, sisa dana inilah yang dimanfaatkan untuk membeli velg baru (alloy) atau bila ingin tampil sederhana, lengkapilah dengan dop penuh. Bahkan, sisa dana masih tersisa untuk membeli audio sesuai dengan selera Anda. Diperkirakan, setelah membeli velg dan audio, masih ada dana yang bisa digunakan untuk berlibur bersama keluarga.

Dengan cara ini, atau mirip dengan membangun rumah tumbuh, Anda tentu saja tidak pusing dengan perlengkapan bawaan atau standar pabrik yang menganggur karena diganti sesuai selera Anda.

Audio bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda tanpa harus membuang yang lama atau tukar-tambah. Benar-benar baru! Hasilnya dipastikan lebih memuaskan. Begitu juga dengan velg alloy. Anda tinggal pilih desainnya sesuai selera.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Mau Mudik Lancar, Periksalah Komponen Mobil

Bagi yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi pada H-4 atau H-3, masih ada kesempatan untuk mempersiapkan kendaraan. Meski baru menjalani setengah dari batas akhir servis berikutnya, tak ada salahnya mengecek beberapa komponen.

Dalam pengecekan yang membutuhkan penggantian, sebagian proses bisa dilakukan sendiri. Inilah sektor-sektor yang perlu diperiksa dan diteliti.


1. Cek kondisi aki (baterai), terutama jenis basah. Kalau jumlah airnya mendekati batas LOWER, maka segera tambah air aki sampai ke batas UPPER (mesin masih dalam kondisi dingin). Kemudian, bersihkan kerak yang menempel di sekeliling terminal (kepala aki) menggunakan sikat dan air panas. Pastikan juga bahwa ikatan di terminal tidak kendur. (Bisa dilakukan sendiri)

2. Pastikan kondisi mesin sehat. Dalam kondisi stationer (mesin langsam), kerja mesin tidak pincang. Untuk mesin injeksi, pastikan engine check tidak menyala. Kemudian jongkok di depan ujung knalpot, pastikan mata tidak perih. Kalau perih, itu berarti setelan belum tepat. (Bisa dilakukan sendiri)

3. Periksa tali kipas. Bila ada yang getas, segera ganti. Kemudian, perhatikan kekencangannya. Bila tali kendur, maka hal itu berdampak pada pengisian baterai, temperatur mesin panas, serta power steering dan AC tidak berfungsi normal.

4.Buka tutup radiator, lihat kondisi air. Bila keruh, segera kuras (bisa dilakukan di bengkel). Pastikan tidak ada kebocoran di bagian kisi-kisi atau pada tutupnya. Teliti juga selang bagian atas dan bawah, apakah bagian itu masih dalam kondisi bagus. (Bisa dilakukan sendiri).

5. Buka saringan udara. Bila sudah waktunya untuk diganti, jangan ditunda. Kalau kotor, bersihkan saringan dengan bantuan kompresor angin. Jika debu dibiarkan menempel di saringan, pemasukan udara akan terhambat, membuat tenaga mesin drop dan boros bensin. (Bisa dilakukan sendiri)

6. Berikutnya, buka busi dan lihat endapan karbon. Endapan yang menumpuk bisa membuat percikan api kurang bagus. Bersihkan busi dengan sikat kawat. (Bisa dikerjakan sendiri).

7. Periksa kekentalan dan jumlah oli mesin. Kalau memang rutenya agak berat (penuh tanjakan dan belokan), sekalipun mobil baru menempuh jarak separuh dari batas maksimal untuk servis berikutnya, sebaiknya ganti oli dengan yang baru.

8. Jangan lupa melirik minyak rem. Bila jumlahnya sudah mendekati tanda MIN, segera tambah minyak rem sesuai dengan spesifikasinya. Setelah itu, tekan pedal. Bila pedal terlalu dalam, bawa mobil ke bengkel dan minta montir untuk setel bagian itu bersamaan dengan servis.

9. Jika keempat roda sudah menggunakan ban besar, sebaiknya ganti ke standar. Dengan ban besar, handling memang enak, tetapi boros bahan bakar, apalagi jika mobil akan membawa banyak penumpang dan barang.

10. Bawa peralatan (kunci-kunci ukuran 8, 10, 12, 14, obeng, dan tang), serta sekring ukuran 10A, 15A, dan 20A.



CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Melenyapkan Noda Bandel di Mobil

Bagi Anda yang mudik pakai kendaraan pribadi, mungkin sampai saat ini Anda baru sempat mencucinya di tempat cucian mobil. Langkah itu hanya melenyapkan debu, tanah, atau serangga mati. Masih ada noda membandel yang, meski sudah disemprot air bertekanan, tetap masih menempel di bodi atau velg.

Tak ada salahnya, jika Anda punya waktu pada akhir pekan ini, waktu Anda manfaatkan untuk membersihkan sendiri bagian-bagian di mobil. Sebelumnya, cuci dulu kendaraan untuk mempermudah proses, dan memastikan bahwa kotoran lenyap.

Bodi mobil
Perhatikan pada bagian bawah sepatbor, baik roda depan maupun belakang. Pasti di situ terdapat bintik-bintik hitam, yang tak lain adalah aspal. Untuk melenyapkannya, Anda bisa menggunakan cairan bug & tar remover. Kalau terdapat water spot atau noda air, cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan cairan exterior cleaner. Caranya, bersihkan noda dengan cairan, lalu keringkan.

Kaca mobil
Musuhnya sama seperti di mobil, yakni aspal, serangga, dan noda air. Untuk membersihkannya, terutama noda air, pakai glass cleaner. Kalau noda tangan (keringat atau minyak) pada bagian dalam kaca bisa dilenyapkan dengan kain mikrofiber. Jika tetap membandel, pakai kain yang setengah basah setelah dicelupkan air hangat.

Velg
Untuk merontokkan kotoran pada ban, cukup sikat bagian itu pakai sabun colek. Setelah itu, semir dengan cairan khusus ban. Khusus velg, pemusnahan kotoran bisa dengan sikat gigi bekas atau sikat halus. Cairan yang dipergunakan sama seperti di bodi.

Bagasi
Potensi kotoran menumpuk sangat banyak. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Jika ada kotoran menempel, maka proses pembersihan bisa menggunakan sikat dan interior cleaner. Jika ternyata ada bau tak sedap, maka semprotkan deodorizer.

Interior
Sama seperti bagasi, proses membersihkan dasar dan sudut-sudut bisa menggunakan vacuum cleaner. Untuk kolong bangku, bisa dengan cara memaju-mundurkan jok. Kalau tidak terjangkau juga, tinggal perhatikan lapisan bawahnya.

Jika bahannya karet, maka itu sangat mudah. Cukup dengan lap mikrofiber setengah basah, kotoran bisa terangkat. Kalau plastik, maka Anda dapat mempergunakan all purpose cleaner yang bisa juga dipakai untuk bahan vinyl, seperti di dasbor. Jika nodanya membandel, maka Anda bisa andalkan leather and vinyl cleaner. Semprot bagian itu, kemudian seka dengan lap.

Yang cukup sulit adalah menangani bahan fabric, terutama bangku. Noda dapat ditekan dengan lap kanebo setengah basah supaya air dapat meresap ke dalam pori-pori lantas seka dengan kain kering. Jika bahannya beludru, prosesnya sama seperti fabric. Hanya, tekanannya tidak boleh terlalu kuat agar tidak merusak serat. (Tim Autobild)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Ingat! Ganti Oli Motor Berikut Saringannya

Sekadar mengingatkan, kalau Anda ganti oli, jangan lupakan filternya, apalagi jika saringan oli itu terbuat dari kertas. "Jika sudah lama, maka itu bisa hancur dan menutupi jalannya oli," ujar Lerry Rahmat dari Caos Custom.

Motor yang memakai filter oli kertas di antaranya Kawasaki Ninja 250, KLX 250, Hyosung RX dan RT 125. Demikian juga dengan bebek seperti Suzuki Shogun 125, Smash, dan Kawasaki. Pasalnya beberapa orang mengira kalau motor hanya butuh ganti oli. "Akibat lama enggak diganti, filter oli dari kertas bisa hancur di dalam," ungkap Lerry.

Kondisi bakal lebih runyam ketika sampah saringan kertas sudah menutupi jalur oli. Jika demikian, siap-siap jeroan mesin bakal baret lantaran tidak dibasahi oli. Kalau sampai begitu, pemilik bakal merogoh kocek sekitar Rp 1 juta untuk memperbaiki dapur pacu. Sekali lagi, ini semua hanya karena komponen berharga murah tadi.

Oleh karena itu, sebelum semua terjadi, pemilik motor diingatkan untuk mengganti filter oli bersama oli mesin setiap dua kali ganti oli. Banyak kok yang menawarkan produk aftermarket. Umur pakainya pun lebih panjang dibanding barang standar, walaupun pemilik motor tetaplah harus cek kondisi filter saat ganti oli. (Nurfil)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Pilih Bohlam Lampu Mobil Sesuai Kebutuhan

Fungsi lampu utama pada mobil sebagai penerang arah yang ingin kita lalui. Di samping juga menjadi bahasa isyarat dengan kendaraan dari depan. Repotnya, jika pendar tidak maksimal sehingga mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Solusinya, ganti bohlam. Tapi, kini banyak ditawarkan dengan daya listrtik dan warna beragam. Agar tak salah pilih, nih ada 4 petunjuk.

1. Sesuaikan daya listrik bohlam dengan komponen orisinal agar kondisi headlamp, terutama yang menggunakan material plastik tetap dalam kondisi baik. Daya lampu lebih besar membuat suhu di dalam headlamp semakin panas. Cirinya, warna mulai menguning.

Daya lampu besar juga menuntut pamakaian kabel listrik—sebagai penghantar panas—yang besar. Jika kondisi kurang baik, besar kemungkinan kabel panas dan rentan terjadi hubungan pendek arus listrik.

2. Pilih warna yang netral karena ada yang kuning dan putih kebiruan. Tandanya, dari spesifikasi derajat kelvin pada kemasannya. Semakin tinggi angka, sinarnya kian putih kebiruan.

Problemnya, jika hujan, sinar tidak bisa menembus. Kondisi seperti itu justru diuntungkan pakai bohlam yang memiliki sinar kuning. Kabut pun bisa diterobosnya. Hanya, bila cuaca normal akan mengganggu pengendara lain.

Untuk mendapatkan pancaran sinar optimal, baik kondisi normal, hujan atau kabut, pilih angka kisaran 4.000 derajat -5.000 derajat kelvin.

3. Perhatikan grounding, mengganti bohlam berdaya besar untuk mendapatkan pancaran lebih terang. Tapi, tetap tidak maksimal disebabkan grounding atau suplai arus negatif ke bohlam. terlebih bila usia kabel lebih dari 5 tahun, sebaiknya ganti dengan aftermarket yang sudah dilengkapi relay.

4. Sil karet harus tertutup sempurna agar debu dan air tidak menerobos. Ciri-cirinya, headlamp berembun atau kotor. Jika didiamkan bisa timbul jamur dan lubang hawa juga diperhatikan jangan sampai mengarah ke atas sehingga lampu mudah kemasukan air. (Dhany Ekasaputra)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

7 Cara Bikin Harga Mobkas Tinggi

Tinggi rendahnya harga jual mobil bekas atau mobkas sangat tergantung dua hal, yakni merek dan kondisi. Untuk merek, tertinggi masih dipegang kendaraan buatan Jepang. Soal harga, masing-masing kota atau wilayah punya harga pasaran tersendiri.

Misalnya, mobil—dengan merek, tahun, dan kondisi sama—berdomisili di Jakarta Utara tidak lebih mahal dari yang di Jakarta Selatan. Pasalnya, yang di Jakarta Utara mengandung kadar garam lebih tinggi karena dekat dengan laut. Kemudian, harga mobkas di Jakarta lebih murah ketimbang di Yogyakarta atau Medan (Sumut) karena pedagang di dua daerah terakhir mengambil mobil dari Jakarta.

Selain wilayah, harga mobil juga ditentukan oleh kondisi fisik. Kalau kurang terawat, itu jelas bikin harga mobil jadi rendah. Nah, ada 7 cara yang bisa dilakukan jika Anda menginginkan harga mobkas tinggi.

1. Cat orisinil
Ini yang diperhatikan sebagian calon pembeli sebelum beralih ke mesin dan interior. Lalu, pelat bodi diteliti, pernah tabrakan atau tidak.

Apalagi jika terdapat bekas gores atau baret, maka ini perlu dihilangkan. Beberapa perlengkapan di bodi, seperti lis, logo, atau antena, sebaiknya masih utuh, termasuk komponen lampu.

2. Interior
Warna dasbor, panel pintu, dan jok belum pudar. Kondisinya pun tak ada yang retak atau bolong, khususnya dasbor dan panel pintu. Jika kabin kotor, bau tak sedap, dan lenyapnya beberapa komponen atau tidak berfungsi dengan baik, maka semua ini akan membuat harga mobil jatuh.

3. Pendukung kenyamanan
AC yang dingin menjadi salah satu faktor terpenting bagi calon pembeli. Lalu, kondisi busa dan pelapis jok masih terawat, begitu juga sabuk pengaman diharapkan terpasang dan berfungsi baik.

4. Kondisi mesin
Ada pembeli terkadang lebih mementingkan kondisi mesin bagus ketimbang bodi. Makanya, munculnya lelehan oli mesin atau air radiator, knalpot berasap tebal, dan beberapa komponen sudah tidak asli bisa menjatuhkan harga. Kalau punya bukti perawatan berkala dan perbaikian tertentu, maka hal itu akan menambah nilai mobkas.

5. Bunyi-bunyian
Hal ini bersumber dari mesin, kaki-kaki, dan interior. Bunyi-bunyian muncul karena ada dua komponen saling bergesek atau sudah kering lantaran kurang gemuk.

6. Perlengkapan tambahan
Penambahan aksesori dapat menaikkan harga jual, seperti sistem audio yang sudah up-grade, pakai pelek lebar, penggantian shift knob, setir balap, dan jok semi-bucket racing.

Di sisi lain, ada yang beranggapan, justru penambahan aksesori tidak sesuai selera pembeli sehingga ada biaya tambahan untuk mengembalikan kondisi mobil ke standar. Jika begitu, calon pembeli punya peluang untuk menekan harga. (Ary Damarjati)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Cegah Baut Velg Mobil Tidak Macet atau Dol

Pernah sulit membuka baut roda mobil ketika mengalami ban kempis? Pemicunya bisa karena pemasangan tidak pas (miring). Yang berbahaya lagi, bila bagian itu sampai lepas karena ulirnya sudah termakan (dol) atau ukurannya tidak pas. Selain itu, model pengunci roda ada dua, tanam atau tancap.

Untuk mencegah baut roda macet, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pemilihan mur dan baut
Perhatikan tonjolan (cones) dari mur atau baut. Jika tak sesuai (ngeplak) sama velg, maka itu pasti bikin lubang velg tergerus. "Bisa juga karena titik 'gigit' antara tonjolan dan velg cuma sedikit dan tidak merata," bilang Felix dari gerai velg Revolution, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

2. Derat/ulir
Derat harus sesuai dengan lubang di teromol. Kalau derat di baut terlampau besar (kasar) dan dipaksakan, maka hal itu akan membuat ulir di lubang teromol termakan (rusak). Jika sudah terpasang, maka baut susah dibuka.

3. Gemuk
Jika baut roda sudah berkarat, maka hal itu bisa mengakibatkan baut susah dibuka atau seret. Sebaiknya, sebelum dipasang, olesi baut dengan gemuk. Namun, jangan terlalu banyak karena baut bisa tidak masuk dengan sempurna.

4. Mengencangkan berlebihan
Disarankan, jangan mengencangkan baut atau mur berlebihan karena bisa bikin ulir pengunci roda itu rusak. Lebih parah, jika kualitas baut atau mur tidak bagus. Ini bisa mengakibatkan baut menjadi mulur.

5. Kencangkan menyilang
Setiap roda mobil umumnya ada yang "diikat" dengan 4 atau 5 baut. Malah, sebagian jenis SUV menggunakan 6 baut. Kita ambil contoh yang 4 baut. Pengencangannya dilakukan secara menyilang (huruf X) agar kekuatan merata di setiap baut. Kalau terdiri dari 5 baut, maka lakukan pemasangan baut menyilang menyerupai bintang. Disarankan, setiap pemasangan baut jangan langsung dikencangkan. Pasang dulu semuanya, baru lakukan pengencangan menyilang. (Edo)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Warna Oli Indikasi Kondisi Mesin

Mengetahui kondisi mesin mobil tak cukup mendengar suaranya saja. Melalui oli pun bisa terpantau dengan melihat warnanya. Sebagai pelumas mesin, oli tentu akrab dengan komponen internal dan selalu bersirkulasi.

Efeknya, kotoran berupa kerak—yang biasa menimbun di kepala silinder hingga butiran halus akibat gesekan—tersapu oleh oli. "Untuk mengenali kondisi mesin secara akurat, tidak bisa dengan melihat warna oli," ungkap David Tanjung, Sales & Operation Manager Toda, sebuah gerai oli.

Di bawah ini warna-warna oli yang menunjukkan kondisi mesin:

1. Coklat kekuning-kuningan
Mobil sudah dijalankan, tapi jarak tempuh masih pendek berkisar 1.000-2.000 km dan terbilang normal.

2. Hitam
Mobil sudah menempuh lebih dari 3.000-4.000 km. Apalagi di atas 5.000 km atau usia pakai dua bulan lebih, sebaiknya oli diganti dengan yang baru. Namun, jika oli sudah hitam padahal baru dipakai beberapa minggu, maka artinya ada masalah pada komponen bagian dalam mesin. Hal ini bisa disebabkan banyaknya kerak di dalam mesin karena usia mobil sudah tua.

Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan flush serta mengganti oli dan filter baru. Pembilasan bisa dilakukan dua sampai tiga kali agar lebih bersih.

3. Hitam kotor
Oli bercampur butiran halus hasil sisa gesekan. Ini menandakan ada komponen mesin yang sudah aus. Adapun oli yang sudah lama menyebabkan fungsinya berkurang. Cepat ganti. Bila didiamkan, gesekan antar-komponen yang tidak berlapis oli mengakibatkan bagian mesin cepat aus.

Disarankan, periksa pula komponen dalam mesin. Jika itu dibiarkan, maka akan menimbulkan kerusakan, misalnya baret, seperti pada metal jalan, metal duduk, bahkan dinding selinder. Bila mesin tidak menimbulkan suara aneh, maka mesin relatif masih aman. Saat ganti oli, hal itu sebaiknya dibarengi dengan oli filter.

4. Putih susu
Warna ini berarti oli sudah tercampur air. Penyebabnya bisa karena bocor yang disebabkan kondisi packing-packing di mesin, oli cooler, atau dudukan filter oli sudah tidak baik. Dengan begitu, air dapat masuk ke dalam mesin dan tercampur dengan pelumas. (Tomo)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Mengusir Bau Tak Sedap Dalam Kabin Mobil

Sangat menjengkelkan ketika kita masuk ke dalam mobil dan langsung mencium bau tidak sedap (apek). Bukan saja mual, tapi kondisi itu bisa bikin kepala pusing saat perjalanan ke atau pulang kantor.

Penyebabnya, ada berbagai macam benda dimasukkan ke bagasi atau kabin. Suasananya pun mirip "kapal pecah", apalagi jika kendaraannya jenis MPV atau SUV. Sekalipun sudah ditaruh di bagasi, aroma itu tetap bisa merebak ke kabin.

Untuk keadaan darurat, cara mengusirnya cukup dengan menurunkan sedikit kaca pintu. Namun, cara seperti ini membuat suhu pendingin di ruang kabin tidak maksimal. Efek lain, debu masuk.

Nih, ada cara sederhana untuk mengatasinya, seperti di bawah ini.

Plastik, kopi, dan daun pandan
Benda-benda berbau menyengat yang berada di dalam mobil bisa disimpan di dalam tempat penyimpan kedap udara seperti Tupperware. Namun, jumlah dan ukurannya pun harus disesuaikan karena tentu sangat menyita ruang bagasi atau kabin.

Paling praktis, masukan benda-benda berbau itu ke dalam plastik pembungkus (bukan plastik kresek) yang bisa dibeli di supermarket atau pasar tradisional. Untuk durian, gunakan minimal tiga lapis plastik, lalu ujungnya diikat dengan karet gelang atau klip plastik.

Cara paling ampuh lainnya, gunakan bubuk kopi yang memiliki kemampuan menetralkan bau menyengat. Sediakan wadah kecil, taburkan kopi. Jangan lupa, di bagian bawah wadah diberi selotip bolak-balik dan tempelkan di bawah jok depan agar bekerja maksimal.

Cara lain, bisa juga dengan menggunakan daun pandan. Ingat, jangan sekali-sekali mengusir bau apek dengan pewangi kabin. Tindakan ini justru akan menambah suasana kabin tidak karuan.

Bersihkan nodanya
Bila ada benda yang jatuh ke kabin, entah itu bahan masakan, makanan siap saji, atau belanjaan pasar, segera bersihkan. Jika didiamkan berlama-lama, maka itu akan melekat dan sulit dibersihkan.

Cara mudah, semprotkan noda dengan cairan interior cleaner. Jika tak punya, maka kita juga bisa memanfaatkan cairan pembersih noda rumah tangga. Lalu, seka kotoran dengan sikat halus dan angkat menggunakan kain lap yang sudah sedikit dibasahkan.

Untuk memastikan permukaan kering, seka ulang dengan kain microfiber. Jika masih bau juga, maka taburkan bubuk kopi di tempat yang mengeluarkan bau tak sedap itu. (Susanto Ari P)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Musim Hujan Datang, Periksa Kolong Mobil

Jangan pernah lalai melongok kolong mobil. Bukan mau menakut-nakuti. Ada beberapa komponen yang perlu mendapat perhatian. Bila didiamkan dan mengalami keropos, bisa mempengaruhi performa mobil, juga bisa merusak komponen vital. Apalagi sekarang ini mulai memasuki musim hujan, meski frekuensi curahnya belum setiap hari.

Seperti knalpot, kalau sampai bocor akibat kolong jarang dicuci, membuat sistem saluran buang tidak sempurna. Komponen lainnya, dek dari logam atau plastik yang melindungi bagian mesin dari hantaman batu atau cipratan air. Di samping melindungi, dek tersebut juga berfungsi sebagai perangkat aerodinamika (menyalurkan udara).

Agar kondisi dek dan kolong terjaga dari serangan karat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan

1. Kenali dan pelajari bagian bawah mobil sejak pertama kali diterima, mulai dari depan sampai belakang.

2. Lakukan pemeriksaan secara periodik, baik saat mencuci maupun dibawa ke bengkel. Ketika mencuci bawa ke tukang cuci yang mempunyai car lift dan penyemprotannya menggunakan kompresor.

3. Selain dek, juga periksa sistem knalpot. Terutama di mulut muffler, baik yang di belakang maupun di tengah. Jika terjadi kebocoran, selain menimbulkan suara yang kurang bagus, juga mengurangi performa mesin.

4.Jika ada pengait atau baut yang lepas, cepat ganti. Begitu juga sampai ada yang kendur, kencangkan.

5. Saat menerjang banjir (genangan air), sebaiknya dengan kecepatan rendah (merayap). Bila diterjang dengan kecepatan 10 sampai 15 km/jam, bisa-bisa dek pelindung penyok atau luban baut sobek.

6. Usai melibas banjir, secepatnya periksa kolong. Pastikan bagian pelindung-pelindung tidak lepas atau membawa kotoran


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Yuk! Usir Serangga pada Interior Mobil

Barangkali banyak pemilik mobil lengah atau memang tidak tahu kalau ada serangga menyerang interior kendaraan mereka. Atau sebaliknya, tahu tapi diam-diam saja. "Takut dibilang jorok," komentar Tara Tjung, bos Tara Clean Cara yang punya bengkal di Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan.

Jenis serangga yang doyan mendekam di interior menurut Tara ada dua, yakni kecoa rumah dan kecoa kertas atau semut. Binatang yang terakhir paling sering dijumpai pada interior. Ukurannya mini, tapi kalau berterlur, lanjut Tara, sangat banyak dan berkembangnya cepat.

Bermukimnya serangga itu disela-sela karpet dan pintu, bahkan menetap pada jabel-kabel kelistrikan. Semua lubang bisa dimasukinya. Untuk mengusirnya, Tara memberi dua solusi, "Yakni menggunakan cairan yang diracik khusus dan tidak meninggalkan bau menyengat," promosinya tanpa menyebut rinci jenis bahan cairan.

Pertama, cairan berwarna susu. Bila disemprotkan langsung, serangga bisa mati. Kedua, berupa pasta berwarna cokelat. Dimasukkan ke dalam tabung (seperti alat suntik) dan ditembakkan ke bagian yang ada serangga. Bila dimakan, kecoa rumah atau kertas bisa mati.

Lamanya pembasmian seranga berkisar 30 menit sampai 1 jam tergantung jenis mobil. Untuk pembasmi serangga, kata Tara harus tahu jalur-jalur jalannya. Umumnya binatang tersebut berada di bawah karpet atau sela-sela dinding. Nah, pada bagian tersebut disemprot dengan cairan. Sedang yang pasta untuk sela-sela pintu.

"Biaya untuk membersihkan serangga Rp500 ribu dan bisa berubah tergantung banyak bagian mobil yang diserang serangga," tutup Tara. yang penasaran, bisa kontak di (021) 72793704


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Teknik Memanfaatkan "Engine Brake" Mobil Matik

Kini, mobil-mobil mewah umumnya sudah menggunakan transmisi yang beroperasi secara otomatis. Artinya, pengemudi tak perlu lagi capek menginjak kopling untuk ganti gigi. Pada mobil dengan transmisi manual, untuk pindah gigi, kopling harus ditekan.

Kenyataan lain, dari seluruh sistem kontrol mobil yang harus dioperasikan pengemudi, kopling adalah yang paling banyak menyita tenaga. Di samping itu, tingkat pengoperasiannya juga sangat tinggi, terutama bila jalan macet atau padat merayap!

Cepat habis
Kendati demikian, ternyata masih banyak di antara kita yang masih berasumsi negatif terhadap transmisi otomatik. Hal ini juga diakui oleh produsen mobil. Misalnya, bila mogok, mobil dengan transmisi otomatik tidak bisa didorong. Kalau sering digunakan di daerah pergunungan, rem cepat habis.

Semua itu asumsi masa lalu. Kini, semakin banyak transmisi otomatik, maka produsen menyediakan mekanik yang memiliki kemampuan lebih cepat untuk memperbaikinya bila ada masalah. Malah, kini juga ada bengkel-bengkel umum yang bisa menguras seluruh automatic transmission fluid (ATF) di dalam transmisi dan lantas diisi dengan pelumas yang benar-benar baru dan bersih.

Pada mobil sekarang, khususnya yang menggunakan sistem injeksi, bila baterai soak, maka mesin tidak akan bisa hidup. Pasalnya, komputer mesin mendapatkan energi dari baterai. Karena itu, posisi transmisi manual dan otomatik sama saja!

Lantas, mengenai anggapan bahwa rem boros saat mobil matik melaju di daerah yang banyak turunan, dipastikan, kondisi itu terjadi karena pengemudi terlalu santai, membiarkan transmisi pada posisi “D” saja. Padahal, D adalah gigi tertinggi.

Tetap bekerja
Untuk mengurangi beban kerja rem, pengemudi harus memanfaatkan efek engine brake dengan menggunakan gigi yang lebih rendah. Dalam hal ini, bisa saja “2” atau kalau lebih curam dan licin, harus “L”. Sama dengan gigi rendah, 3 atau 2 pada transmisi manual. Adapun untuk berakselerasi, pengemudi harus melakukan kick down atau menginjak pedal gas dengan cepat!

Jadi, mengemudi dengan transmisi otomatik bukan berarti tangan tidak bekerja sama sekali. Pada kondisi medan tertentu, 3, 2, dan L harus digunakan. Tangan masih harus aktif. Hanya kaki kiri yang benar-benar santai. Tak perlu injak kopling sama sekali. Misalnya saat di jalanan yang menurun atau berakselerasi saat di tanjakan!

Malah, pada kondisi macet, dengan melepaskan pedal rem dan transmisi pada posisi “D”, mobil bisa merangkak tanpa harus menginjak rem.

Kalau sudah merasakan enaknya transmisi otomatik, terutama bagi mereka yang menyetir sendiri, sering melewati jalanan macet, dan punya tingkat mobilitas yang tinggi, mereka dipastikan tak akan mau kembali ke manual kalau tidak terpaksa. Malah, mereka rela mengeluarkan biaya tambahan, baik untuk transmisinya yang lebih mahal plus konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih banyak dibandingkan manual!


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Cincin Pelindung Nyawa pada Mobil

Untuk ganti velg standar dengan model yang lebih lebar, atau populer disebut velg racing, tak sekadar asal "tancap". Selain ukuran dan lebar, apakah lebih banyak ke dalam atau ke luar, ada satu lagi yang kerap terabaikan. Itu adalah center hub ring atau CHB.

Benda itu kecil berbentuk cincin. Akan tetapi, fungsi dan efeknya sangat signifikan, terutama dalam menahan velg aftermarket agar satu poros dengan sumbu roda (baik cakram rem, maupun teromol). Sebab, velg aftermarket umumnya dibikin menyesuaikan PCD mobil, tidak berikut diameter center hub.

Bahan CHB bisa dari besi, aluminium, atau plastik (polyurethane). Bentuk benda ini disesuaikan dengan diameter center hub pada teromol dan velg. "Fungsinya akan terasa sekali kalau sudah ganti velg besar," ujar Ryan Melano, juragan Antelope, Bogor.

Secara logika, konus buat mur pada velg biasanya bersudut 69 derajat. Sementara itu, sudut konus mur 45 derajat. Velg seperti Brabus, AMG, dan Rays Engineering bisanya sudah termasuk baut roda saat dijual. Nah, dengan adanya gap antara sudut konus lubang velg dan mur, "Pasti (mur) enggak bakal kuat pegang velg ke teromol," tegas Ryan.

Harga CHB per buah antara Rp 100.000 dan Rp 200.000, tergantung ketebalan DCH. Buat mobil 4 x 4, DCH pasti lebih besar. Namun, ini bisa dipesan ke bengkel bubut. Ingat, fungsi DCH akan lebih krusial jika Anda melakukan perubahan pada PCD.

Nah, kalau sudah melakukan penggantian ban dan velg serta DCH, barulah lakukan spooring dan balancing.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Komponen Vital di Mobil Saat Menerjang Banjir

Curah hujan sekarang ini lagi jarang, bukan berarti musimnya sudah berhenti. Malah sampai Februari nanti masih berlangsung dan diramalkan bakal terjadi banjir paling parah. Nekad menerjang dengan mobil, siap-siap kantong dikuras untuk memperbaiki kerusakannya.

Ada beberapa komponen yang bisa rusak, bahkan kerusakannya fatal dan dana yang dikeluarkan cukup banyak. Inilah komponen berikut kerusakan sereta estimasi biaya perbaikan.

Water Hammer
Air masuk ke dalam ruang bakar saat mesin bekerja. Akibatnya, piston yang mengompres udara dan bahan bakar tercampur air. Karena air zat yang tak bisa dikompres, maka akan terjadi tekanan sangat tinggi di ruang bakar yang mengakibatkan piston berlubang, setang piston patah serta blok mesin pecah.Sialnya, kerusakan akibat water hammer tidak termasuk risiko yang ditanggung asuransi. Biaya perbaikannya mencapai puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Rem berkarat
Kampas dan piringan rem mudah berkarat dalam kondisi lembab. Saat kita menarik rem tangan, kampas belakang bisa menempel dengan piringannya. Gejalanya terasa ketika melepas rem tangan, laju mobil tertahan. Jadi, upayakan setiap habis menerjang banjir, injaklah pedal rem (denngan kaki kiri) sedikit sembari tetap menekan pedal gas. Langkah ini akan membuang air serta menimbulkan panas pada rem sehingga air menguap. Potensi kerugian Rp1-Rp5 juta.

Oli tercampur air
Kala menerjang banjir, air berusaha masuk melalui celah-celah. Salah satu bagian yang rentan disisipi air adalah transmisi. Oli yang bercampur air akan kehilangan daya lumasnya dan lebih rentan terkena karat. Namun sebelum karat muncul, daya lumas oli yang berkurang menjadikan aus secara dini. Pada transmisi otomatis, pelumas yang terkontaminasi air akan menyebabkan kerusakan pada pelat kopling berlapisnya.
Cara mencegah kerusakan periksa warna oli setelah menerjang banjir. Oli yang tercampur air akan berwarna lebih muda dan bersifat lebih cair. Segera ganti olinya, bila sampai terjadi kerusakan, potensi kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Kopling Menempel
Untuk mobil bertransmisi manual, setelah menghajar banjir jangan langsung parkir. Karena, air yang merembes ke kopling membuat komponen tersebut dan dekrupnya menjadi lembab yang mengakibatkan adhesi yang kuat antara pelat kopling dan dekrup. Jangan kaget kalau esoknya transmisi sulit dioperasikan. "Karena plat kopling dan dekrup menempel dan berkarat," terang Teddy Rev, pemilik bengkel dari Rev Engineering yang sering menemukan gejalan seperti itu. Potensi kerugian Rp2-Rp5 juta.

Alternator korslet
Fungsinya mengubah putaran mesin menjadi arus listrik. Sebetulnya, komponen ini rentan rusak bila terkena air. "Taoi sekarang ini banyak mobil menggunakan alternator canggih dengnan IC (integrated circuit) di dalamnya. Nah, ini bisa rusak bila terendam air," jelas Atek, pemilik Galeri Alternator diHaji Nawi, Jakarta Selatan. Potensi kerusakan Rp1-Rp3 juta.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Mengamankan Kenyamanan Transmisi Otomatik

Saking nyaman transmisi otomatik di tengah-tengah kemacetan lalu lintas kota yang makin padat, banyak pengemudi membiarkan gigi pada posisi “D”. Untuk berhenti menunggu lampu merah, pengemudi hanya mengandalkan rem.

Penggunaan transmisi otomatik seperti itu, akan mempercepatnya rusak. Pasalnya, ketika posisi gigi di “D”, komponen transmisi, seperti kopling masih tetap bekerja.

Karena itulah, bila menggunakan transmisi otomatik, tangan tetap harus bekerja. Hanya kaki yang benar-benar istirahat.

Ketika berhenti menunggu lampu merah, sebaik geser posisi transmisi ke “N” yang berada di atas “D”. Dengan ini demikian, beban mesin berkurang dan kopling basah pada transmisi tidak saling bergesek (meregang). Selanjutnya, daya tahan atau umur pakai kopling tersebut lebih lama. Begitu juga dengan ATF (automatic transmission fluid)-nya.

Kopling tersebut harus dicegah cepat habis. Pasalnya, biaya untuk “operasi” transmisi ini cukup mahal bila diperlukan penggantian. Begitu juga dengan biaya ATF dan ongkos kerja. Di samping itu, bila kopling masih oke, Andda bisa tancap gas dengan mantap. Bila tidak, mobil akan loyo saat digeber dan dipastikan konsumsi bahan bakar ikut boros. Pasalnya, pedal gas diinjak lebih dalam namun mobil tidak bisa ngacir!

Mengeser transmisi ke posisi “N” saat berhenti juga membantu mengurangi kampas rem cepat habis atau aus. Pasalnya, bila tetap di “D”, berarti masih ada tenaga dari mesin, namun gerakan mobil ditahan oleh rem.

Untuk mencegah rem cepat habis, ketika meluncur di turunan, sebaiknya menggunakan gunakan posisi “D” untuk transmisi lama yang masih dilengkapi dengan tombol overdrive. Namun bila tidak lagi menggunakan tombol overdrive, geser atau tekan tombol D3. Bisa juga menggunakan “2”.

Jadi, pemeliharaan transmisi otomatik tidak hanya dengan penggantian ATF secara teratur, juga ditentukan cara mengoperasikannya. Malah bila cara menggunakan tidak tepat, justru mempercepatnya rusak! Kenyamanan pun berubah menjadi kekesalan!


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Pilih dan Rawat Aki Mobil

Aki merupakan salah satu komponen vital, baik di mobil maupun motor. Bila sampai rewel, mesin kendaraan jadi susah dihidupkan. Penyebabnya, sepele karena kurang perhatian dan perawatan.

Jenis yang dipasarkan ada, terutama untuk mobil, ada aki kering dan basah. Kalau kering, tidak perlu ada penambahan air aki dan harga lebih mahal dari jenis basah (mesti menambah air aki).

Kalau yang terakhir ini membuat air aki cepat menguap dan bodi membengkak lantaran berada di ruang panas. Kini, aki jenis basah sudah diberi lapisan peredam panas. "Setelah dikasih lapisan panas, masalah semua itu hilang," jelas Hadi dari Fast, gerai aki di Kelapa Gading.

Malah seperti aki Thunder dari Massiv sudah dilengkapi cover ganda pada bagian tutupnya dan dirancang untuk udara tropis. Dengan sistem ini, ua atau gas yang timbul karena penguapan air aki, tidak langsung keluar.

Apa pun teknologinya, aki tetap butuh perhatian dan perawatan. Seperti di bawah ini kah yang sudah Anda lakukan?

1.Kalau ganti aki, sesuaikan ukuran ampere dengan standarnya. "Kalau mau menaikkan satu ukuran aki dari standarnya," saran Hadi. Kecuali bila mobil sudah dijejali peranti audio.

2. Sesuaikan tinggi aki dengan standarnya. Tidak disarankan mengganti dengan bodi lebih tinggi, sangat berbahaya. Bila menutup kap mesin, takut kutub akia (+) dan (-) bisa menimbulkan percikan api.

3.Kalau membuka aki, dahulukan kutub (-) lalu (+). Sebaliknya, saat memasang, dahulukan kutub (+) baru (-). Tujuannya, kata Hadi agar tidak terjadi korsleting.

4. Lakukan pengecekan aki agar selalu berada di antara upper dan lower level. Jika berada di bawah upper bisa menyebabkan cepat soak dan sel menjadi rusak bila sampai kering sekali. Pengisian dilakukan saat msin masih dingin (pagi hari)


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Kaca Pintu Mobil Seret? Nih, Cara Memperlancarnya

Kaca pintu mobil mendadak tidak bisa diturunkan. Padahal, Anda harus masuk tol dan membayar tiket. Karena kaca macet, satu-satunya jalan adalah membuka pintu. Yang lebih menjengkelkan, kaca bisa diturunkan—meski tidak lancar—tetapi enggak bisa menutup normal, kemudian turun hujan....

Proses itu sampai bisa mengalami seret lantaran chanel kaca, yang dilapisi beledu, luput dari perawatan. Akibat sering tersengat matahari dan disiram air, karet pun jadi lengket pada kaca. Efek lainnya, karet jadi cepat getas dan kehilangan elastisitas sehingga getaran kaca tak dapat diredam.

Cara merawatnya sangat sederhana. Cukup sediakan sikat gigi, cairan penetran pembersih, lubrikan silikon, dan kain bersih. Nah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Turunkan kaca sampai paling bawah (titik maksimum). Setelah itu, semprot penetran pembersih dengan selang kecilnya ke seluruh chanel secara bertahap. Jangan berlebihan karena hal itu justru akan mengotori kaca.

2. Sikat seluruh bagian chanel kaca untuk mengusir kotoran. Bagian paling kotor biasanya berada di sisi pengemudi. Bila perlu, langkah pertama dan kedua ini dilakukan berulang kali.

3. Bersihkan sisa-sisa kotoran dengan lap bersih.

4. Gunakan silicon spray untuk melumasi chanel kaca. Naikkan kaca 3/4 kemudian mulailah untuk menyemprotkan cairan tadi menggunakan alat bantu selang kecil ke arah antara kaca dan jalurnya.

5. Naik-turunkan kaca untuk mempelancar seluruh bagian jalur kaca. Kalau masih terasa seret, semprotkan cairan tadi secukupnya.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Musim Hujan, Kondisi Karet "Wiper" Harus Prima

Saat musim hujan begini, ada dua fitur penting yang sangat dibutuhkan. Selain sistem pendingin udara (AC), penghapus kaca (wiper) juga penting. Sekalipun motor penggerak bekerja normal, jika sapuannya tidak optimal, maka hal itu membuat perjalanan terganggu.

Misalnya, timbul tarikan garis melengkung mengikuti gerakan sapuan di kaca. Penyebabnya, kondisi karet sudah tidak bagus. Jika sudah begitu, maka cepat ganti. "Untuk mobil berumur di atas 3 tahun, sebaiknya penggantian dilakukan lengkap dengan konstruksi wiper agar lebih maksimal. Selain pemasangan mudah, usia pakai relatif lebih panjang," ungkap Tumenggung, Manager Area Fast Pancoran, Jakarta.

Mengganti wiper tidak susah. Jika punya waktu luang, nih ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Sebelum membeli, ukur wiper dengan penggaris dan pergunakan satuan inci.

2. Pilih ukuran wiper aftermarket yang tepat dengan ukuran mobil Anda.

3. Lepaskan wiper lama. Caranya, tekan dan dorong ke bawah untuk melepaskan konstruksi wiper dari rumahnya.

4. Lakukan cara yang sama pada wiper lainnya.

5. Bersihkan kotoran yang melekat di sekitar rumah wiper.

6. Pasang wiper baru. Pastikan antara pengait konstruksi wiper dan rumah wiper bertautan dengan sempurna.

7. Fungsikan motor penggerak wiper, kemudian perhatikan sapuan di permukaan kaca depan.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Kaca Spion Mobil Berembun, Nih Jurus Melenyapkannya

Musim hujan begini, saat berkendara (mobil), visibilitas ke segala arah sangat penting. Makanya, semua potensi halangan pandangan harus disingkirkan, termasuk embun yang muncul di spion akibat perbedaan suhu dan tingkat kelembaban yang tinggi.

Misalnya, uap air yang terbentuk di sekitar kaca dengan embient temperature yang lebih panas. Pada spion samping, hal itu bisa terjadi akibat penumpukan jamur di permukaan kaca.

Kondisi lain, masalah itu muncul kala mobil melesat di jalan tol waktu hujan. Sebab, suhu kaca dan di balik kaca menjadi lebih dingin dari temperatur di luar. Udara panas dari kap mesin tak cukup untuk mengusir embun. Menggunakan defogger merupakan solusi paling ideal. Namun, tidak semua mobil dilengkapi perangkat ini.

Solusi lain, ada cara sederhana, yaitu dengan mengaplikasikan cairan atau semprotan antikabut (antifog). Berikut langkah-langkah pengerjaannya.
• Semprotkan cairan antifog pada permukaan kaca.
• Diamkan beberapa saat untuk memberi formula cairan bekerja.
• Kemudian seka pakai kain dengan gerakan tangan searah, bukan bolak-balik. Metode ini lebih ampuh dan cepat membersihkan residu cairan antifog.
• Untuk menyempurnakan hasil, gosok sekali lagi dengan lap lain yang lebih bersih. Selain lebih bening, kaca pun akan terlindung dari embun.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Mau Lulus Uji Emisi, Ikuti Petunjuk Praktis Ini

Untuk mobil-mobil baru, uji emisi di Jakarta dipastikan lulus dengan mudah. Bagaimana dengan kendaraan yang usianya di atas 10 tahun? Ada beberapa tips dan trik yang diperoleh dari beberapa ahli di bidang mesin agar sebuah mobil bisa lulus dengan lebih mudah lagi.

• Lakukan tune up secara teratur. Hal itu sebaiknya dilakukan di bengkel resmi karena cenderung memiliki pembakaran lebih sempurna.
• Pastikan sistem pengapian dalam keadaan baik. Tak ada salahnya periksa kondisi kabel, busi, platina (jika ada), dan koil. Karena pengapian kurang baik, emisi pun meningkat
• Pastikan saringan udara bersih. Sering kali penyebab tak lulus uji emisi hanya karena saringan udara kurang bersih.
• Gunakan bensin sesuai rekomendasi. Menggunakan bensin beroktan terlalu rendah untuk mesin modern menyebabkan waktu pengapian dimundurkan otomatis. Pembakaran pun menjadi tidak sempurna.
• Jangan lakukan uji emisi saat mesin masih dingin karena emisinya berlipat ganda dibanding sudah mencapai suhu kerjanya.
• Pastikan tidak ada kebocoran. Teliti, baik bagian knalpot maupun saluran-saluran vakum dan intake. Sedikit kebocoran akan memengaruhi kadar emisi gasa buang.

Selain cara di atas, ada langkah yang lebih praktis lagi untuk menurunkan emisi gas buang, yakni dengan memasang catalytic converter (CC). “Catalytic converter bekerja mandiri dan tak membutuhkan sensor. Ide memasang CC pada mobil lama sangat menarik,” bilang M Soleh Yusuf, pemilik bengkel Sigma Speed yang kebetulan ditunjuk menjadi bengkel pelaksana uji emisi.


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

Mengamankan Kenyamanan Transmisi Otomatik

Saking nyaman transmisi otomatik di tengah-tengah kemacetan lalu lintas kota yang makin padat, banyak pengemudi membiarkan gigi pada posisi “D”. Untuk berhenti menunggu lampu merah, pengemudi hanya mengandalkan rem.

Penggunaan transmisi otomatik seperti itu, akan mempercepatnya rusak. Pasalnya, ketika posisi gigi di “D”, komponen transmisi, seperti kopling masih tetap bekerja.

Karena itulah, bila menggunakan transmisi otomatik, tangan tetap harus bekerja. Hanya kaki yang benar-benar istirahat.

Ketika berhenti menunggu lampu merah, sebaik geser posisi transmisi ke “N” yang berada di atas “D”. Dengan ini demikian, beban mesin berkurang dan kopling basah pada transmisi tidak saling bergesek (meregang). Selanjutnya, daya tahan atau umur pakai kopling tersebut lebih lama. Begitu juga dengan ATF (automatic transmission fluid)-nya.

Kopling tersebut harus dicegah cepat habis. Pasalnya, biaya untuk “operasi” transmisi ini cukup mahal bila diperlukan penggantian. Begitu juga dengan biaya ATF dan ongkos kerja. Di samping itu, bila kopling masih oke, Andda bisa tancap gas dengan mantap. Bila tidak, mobil akan loyo saat digeber dan dipastikan konsumsi bahan bakar ikut boros. Pasalnya, pedal gas diinjak lebih dalam namun mobil tidak bisa ngacir!

Mengeser transmisi ke posisi “N” saat berhenti juga membantu mengurangi kampas rem cepat habis atau aus. Pasalnya, bila tetap di “D”, berarti masih ada tenaga dari mesin, namun gerakan mobil ditahan oleh rem.

Untuk mencegah rem cepat habis, ketika meluncur di turunan, sebaiknya menggunakan gunakan posisi “D” untuk transmisi lama yang masih dilengkapi dengan tombol overdrive. Namun bila tidak lagi menggunakan tombol overdrive, geser atau tekan tombol D3. Bisa juga menggunakan “2”.

Jadi, pemeliharaan transmisi otomatik tidak hanya dengan penggantian ATF secara teratur, juga ditentukan cara mengoperasikannya. Malah bila cara menggunakan tidak tepat, justru mempercepatnya rusak! Kenyamanan pun berubah menjadi kekesalan

CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

MEGOBATI MOBIL TERKENA PENYAKIT EKSIM

Jangan pernah mengabaikan ketika kolong mobil bergesekan dengan polisi tidur (poldur), menghajar lobang atau dihantam bebda keras. Sekalipun benturannya tergolong ringan, karena jika dibiarkan bisa menyebabkan karat. Apalagi sekarang ini musim hujan, mempercepat proses eksim.

Pasalnya, ketika terbentur akan mengelupaskan lapisan antikarat dan membuat proses oksidasi langsung terjadi yang dimulai oleh oksigen di dalam udara. "Idealnya, begitu kolong membentur sesuatu, segera dibersihkan dan kembali diberikan lapisan antikarat," pesan Untung Warsito, workshop head Tuff-kote Dinol cabang Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Untuk mengatasi terkelupasnya antikarat dan menghentikan proses "eksim" bisa dilakukan sendiri. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.
• Parkir kendaraan di tempat yang memiliki pijakan kaki tinggi agar memudahkan pengerjaan.
• Bersihkan kotoran di kolong, khususnya bagian yang tergores.
• Untuk kotoran membandel, gunakan ampelas halus dan sikat agar benar-benar hilang.
• Bagian yang sudah diampelas tadi dibersihkan dengan lap hingga benar-benar kering.
• Semprotkan cairan penetran ke bagian yang tergores sampai merata.
• Biarkan sejenak, lalu semprotkan cairan antikarat. Tidak perlu tebal yang penting merata


CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id

• Cek kembali, apakah seluruh bagian yang tergores sudah tertutup lapisan antikarat.

Jual Mobil Bekas Surabaya

Jual toyota kijang LGX BNS 2004



CALL AT 031