Selasa, 09 Maret 2010

Mau Mudik Lancar, Periksalah Komponen Mobil

Bagi yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi pada H-4 atau H-3, masih ada kesempatan untuk mempersiapkan kendaraan. Meski baru menjalani setengah dari batas akhir servis berikutnya, tak ada salahnya mengecek beberapa komponen.

Dalam pengecekan yang membutuhkan penggantian, sebagian proses bisa dilakukan sendiri. Inilah sektor-sektor yang perlu diperiksa dan diteliti.


1. Cek kondisi aki (baterai), terutama jenis basah. Kalau jumlah airnya mendekati batas LOWER, maka segera tambah air aki sampai ke batas UPPER (mesin masih dalam kondisi dingin). Kemudian, bersihkan kerak yang menempel di sekeliling terminal (kepala aki) menggunakan sikat dan air panas. Pastikan juga bahwa ikatan di terminal tidak kendur. (Bisa dilakukan sendiri)

2. Pastikan kondisi mesin sehat. Dalam kondisi stationer (mesin langsam), kerja mesin tidak pincang. Untuk mesin injeksi, pastikan engine check tidak menyala. Kemudian jongkok di depan ujung knalpot, pastikan mata tidak perih. Kalau perih, itu berarti setelan belum tepat. (Bisa dilakukan sendiri)

3. Periksa tali kipas. Bila ada yang getas, segera ganti. Kemudian, perhatikan kekencangannya. Bila tali kendur, maka hal itu berdampak pada pengisian baterai, temperatur mesin panas, serta power steering dan AC tidak berfungsi normal.

4.Buka tutup radiator, lihat kondisi air. Bila keruh, segera kuras (bisa dilakukan di bengkel). Pastikan tidak ada kebocoran di bagian kisi-kisi atau pada tutupnya. Teliti juga selang bagian atas dan bawah, apakah bagian itu masih dalam kondisi bagus. (Bisa dilakukan sendiri).

5. Buka saringan udara. Bila sudah waktunya untuk diganti, jangan ditunda. Kalau kotor, bersihkan saringan dengan bantuan kompresor angin. Jika debu dibiarkan menempel di saringan, pemasukan udara akan terhambat, membuat tenaga mesin drop dan boros bensin. (Bisa dilakukan sendiri)

6. Berikutnya, buka busi dan lihat endapan karbon. Endapan yang menumpuk bisa membuat percikan api kurang bagus. Bersihkan busi dengan sikat kawat. (Bisa dikerjakan sendiri).

7. Periksa kekentalan dan jumlah oli mesin. Kalau memang rutenya agak berat (penuh tanjakan dan belokan), sekalipun mobil baru menempuh jarak separuh dari batas maksimal untuk servis berikutnya, sebaiknya ganti oli dengan yang baru.

8. Jangan lupa melirik minyak rem. Bila jumlahnya sudah mendekati tanda MIN, segera tambah minyak rem sesuai dengan spesifikasinya. Setelah itu, tekan pedal. Bila pedal terlalu dalam, bawa mobil ke bengkel dan minta montir untuk setel bagian itu bersamaan dengan servis.

9. Jika keempat roda sudah menggunakan ban besar, sebaiknya ganti ke standar. Dengan ban besar, handling memang enak, tetapi boros bahan bakar, apalagi jika mobil akan membawa banyak penumpang dan barang.

10. Bawa peralatan (kunci-kunci ukuran 8, 10, 12, 14, obeng, dan tang), serta sekring ukuran 10A, 15A, dan 20A.



CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar