Jumat, 05 Maret 2010

Yang Perlu Diperiksa Saat Beli Mobkas Usia 3 Tahun

Kemarin sudah kami jelaskan bagian-bagian yang mesti diteliti ketika membeli mobil bekas (mobkas) usia satu tahun. Sekarang, bila Anda kebetulan menginginkan mobkas berusia 2 sampai 3 tahun untuk tujuan silaturahim dengan keluarga di kampung, inilah bagian-bagian yang perlu diteliti.

1. Jangan lupa memeriksa 10 langkah mobkas satu tahun.

2. Periksa bodi
Di mobkas setahun juga ada, tapi baru sebatas lipatan di fender. Sekarang, meneliti tulang-tulang bodi. Apakah ada bekas dempul? Caranya, bisa gunakan magnet (bisa punya kulkas) untuk memastikan konstruksi mobil bebas dempul. Cara lain, pakai penggaris atau sebatang kayu. Perhatikan bayangan di bodi, bila refleksi benda (kayu atau penggaris) harmonis, maka kondisi bodi masih layak.

3. Kelengkapan elektronik
Pastikan komponen kelistrikan pada AC, power window, central door lock, lampu-lampu indikator, dan lain-lain masih bekerja baik. Mobil-mobil sekarang banyak yang menggunakan head unit terintegrasi sama dasbor, dan harus baik. Jika tidak, sulit untuk mereparasinya.

4. Kabel-kabel mesin
Cermati kondisi kabel-kabel di seputar mesin. Jika banyak kabel tambahan, apalagi tidak rapi, ada kemungkinan mobil mengalami perubahan di sistem kelistrikan. Hal itu terutama untuk mobil Eropa. Jika kondisi kabel semrawut, batalkan niat membeli. Pasalnya, kelistrikan di mobil Eropa lebih sensitif.

5. Ban
Perhatikan kembangan ban. Meski tebal, teliti apabila di ban ada bekas serutan atau biasa disebut suntikan. Umumnya mobkas dengan bobot lebih berat cepat menghabiskan ban. Keausan ban yang bergelombang bisa dijadikan indikasi kondisi peredam kejut kurang bagus. Patut dicurigai, kalau keausan ban tidak merata, kemungkinan penyetelan suspensi kurang baik. (Sugihendi)



CAHAYA INTAN MOTOR

JLN RAYA NGINDEN NO 3 SURABAYA .JAWATIMUR
(031)-5914671

JLN BARATA JAYA XIX / 80 SURABAYA, JAWA TIMUR
(031)-5051134

JLN BRATANG BINANGUN NO 51 SURABAYA, JAWA TIMUr


www.cahayaintanmotor.co.id


honda ,mercy,bmw, daihatsu, toyota, suzuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar