Selasa, 04 Mei 2010

Dollar AS Menguat, Harga Minyak Jatuh

Harga minyak dunia merosot lebih dari 3 dollar AS pada Selasa (4/5/2010) waktu setempat karena para pedagang mengambil petunjuk mereka dari mata uang AS yang menguat dan pasar saham yang jatuh di tengah kegelisahan terus-menerus tentang Yunani.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Juni, merosot 3,45 dollar AS menjadi 82,74 dollar AS per barrel. Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni turun 3,27 dollar AS menjadi 85,67 dollar AS per barrel.

"Minyak berjangka menyusut di belakang dollar AS yang menguat dan pasar ekuitas yang lemah," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.

Euro merosot ke tingkat terendah selama satu tahun karena dealer tidak menyambut baik bailout (dana talangan) multimiliar euro untuk krisis yang memukul Yunani.

Mata uang AS yang menguat membenamkan minyak mentah yang dihargakan dalam dollar AS, yang menjadi lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lemah.

Selama akhir pekan, para kepala keuangan zona euro menyetujui yang belum pernah terjadi sebelumnya, paket pinjaman 110 miliar euro (sekitar 145 miliar dollar AS) untuk Yunani, yang berjuang untuk melepaskan diri dari utang yang melumpuhkan dan beban defisit.

Dan keprihatinan masih terus berlangsung tentang tingkat utang yang tinggi di negara-negara zona euro, seperti Irlandia, Italia, Spanyol, dan Portugal. "Meskipun rencana penyelamatan yang luar biasa 110 miliar euro untuk Yunani tampak sangat positif pada pandangan pertama, ada kerusuhan di jalan-jalan dan pasar bereaksi lebih hati-hati," kata Tamas Varga, analis pada broker minyak PVM.

"Pasar jelas masih khawatir tentang kapan kerangka euro berikutnya akan jatuh dari lemari."

Pedagang juga terus memantau tumpahan minyak besar di Teluk Meksiko. Angin mendorong genangan minyak ke arah lahan basah rapuh di pesisir AS pada Selasa karena upaya intensif untuk mempersempit tumpahan minyak pecah juga menyebabkan meningkatnya bencana lingkungan.

"Tumpahan minyak menarik perhatian lebih dan lebih karena sekarang sangat mungkin genangan yang entah bagaimana akan memblokir saluran pengiriman Houston, yang berpotensi mempengaruhi impor ke AS," kata Clarence Chu, seorang pedagang Hudson Capital Energy.

Raksasa energi BP mengatakan telah menyiapkan kubah pertama dari tiga raksasa kubah untuk mengumpulkan minyak ke Teluk Meksiko dan menyalurkannya ke dalam kapal tanker yang menunggu.

Namun, sebuah badai politik menyebar di AS, dengan Gubernur California Arnold Schwarzenegger mundur dari proposal yang kontroversial untuk pengeboran minyak di lepas pantai selatan negara.

Setidaknya 210.000 galon minyak mentah per hari telah mengalir dari sebuah sumur di bawah rig Deepwater Horizon yang tenggelam pada 22 April, dua hari setelah ledakan besar yang menewaskan 11 pekerja.

Sebuah genangan minyak sekarang meliputi ukuran sebuah negara kecil telah menyentuh Louisiana dan bergerak di sepanjang pantai.


DIPOSTKAN OLEH SHOWROOM CAHAYA INTAN MOTOR


cahayaintan1@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar