Kamis, 29 April 2010

China Tuding Google Mata-mata Amerika

Heboh soal Google China atau Google.cn terus bergulir. Surat kabar People's Day, corong Partai Komunis China (PKC) yang berkuasa, menuding Google berkolusi dengan spionase AS. Namun, hengkangnya Google dinilai sebagai pintu masuk bagi China untuk mempromosikan teknologi produksi domestik.

"Google tidak bebas nilai. Mereka terkenal suka bekerja sama dan berkolusi dengan intelijen AS dan badan-badan keamanan AS," tulis People's Day di halaman depannya, Rabu (24/3/2010).

Seperti diberitakan sebelumnya, Google Inc (AS) telah menutup portal berbahasa China di Google.cn dan memindahkannya ke sebuah situs di Hongkong. Langkah Google dilakukan karena mereka terus-menerus ditekan Pemerintah China yang meminta Google.cn menyensor diri sendiri. Setelah empat tahun beroperasi, Google.cn hengkang.

Harian People's Daily menilai, alasan Google menolak sensor merupakan upaya perusahaan itu dan Washington untuk menantang otoritas PKC. Bagi warga China, Google bukan segalanya. Meski menampilkan isu-isu politik dan nilai-nilai universal, Google bukan perusahaan luar biasa.

Deplu AS menyatakan, keputusan Google menutup operasi di China merupakan keputusan perusahaan dan tidak terkait Pemerintah AS.


DIPOSTKAN OLEH SHOWROOM CAHAYA INTAN MOTOR


www.cahayaintanmotor.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar