Selasa, 27 April 2010

Kolaborasi Baru Mitsubishi dan PSA Peugeot-Citroen: SUV Kompak

Mitsubishi Motor Corporation (MMC) dan PSA Peugeot-Citroën melanjutkan kolaborasi dalam penjualan mobil. Kali ini, proyek yang akan dilakukan perusahaan otomotif asal Jepang dan Perancis tersebut adalah membuat SUV atau crossover kompak. Kesepakatan telah disetujui dan dirilis hari Selasa (27/4/2010) ini.

SUV kompak proyek bersama itu adalah SUV yang diberi nama Mitsubishi dengan RVR dan segera akan dipasarkan di Jepang dalam waktu dekat. Pemasaran yang akan dilakukan oleh Peugoet dan Citroën di Eropa, dimulai pada awal 2012 dengan merek masing-masing. Mitsubishi sendiri juga memasarkan SUV kompak ini dengan nama ASX.

SUV ini menggunakan pilihan sistem penggerak, 4 x 2 dan 4 x4. Peugeot dan Citroën berharap bisa memasarkan SUV 50.000 unit per tahun (untuk kedua merek). Perbedaan RVR dibandingkan dengan versi yang dipasarkan produsen Perancis tersebut adalah mesin yang digunakan. Kalau Mitsubishi menggunakan mesin bensin 1,8 liter MIVEC, maka untuk Peugeot dan Citroën dipilihkan mesin diesel 1,6 liter HDi.

Daya tarik mesin ini yaitu emisi karbondioksida (CO2) yang ditimbulkannya rendah, 123 gram/km, sedangkan konsumsi bahan bakar 21 km/liter. Target yang ingin dicapai kedua produsen Perancis tersebut adalah insentif yang diberikan pemerintah untuk mobil yang rendah emisinya dan irit konsumsi bahan bakarnya.

Bagi PSA Peugeot-Citroën, kendaraan baru tersebut akan menambahkan rangkaian produk dan diharapkan bisa menarik customer baru di segmen SUV. Target selanjutnya, kedua perusahaan tersebut bisa menaikkan pertumbuhan penjualannya di seluruh dunia sekiar 60 persen menjelang 2015. Bagi Mitsubishi, dengan bertambahnya jumlah produksi, skala ekonomi produk bisa dicapai.

Proyek ini merupakan yang keempat antara Mitsubishi dan PSA Peugeot- Citroën. Proyek kolaborasi pertama mereka adalah SUV Mitsubishi Outlander dan dipasarkan Peugeot dengan model 4007 dan Citroën memberinya nama C-Crosser pada 2005.

Tahun ini juga dilanjutkan dengan membangun pabrik bersama di Rusia, yang baru saja diresmikan dan terakhir memasarkan mobil listrik mini di Eropa pada akhir tahun ini, yaitu Peugoet iOn dan Citroën C-zero yang menggunakan basis Mitsubishi i-MiEV.



DIPOSTKAN OLEH SHOWROOM CAHAYA INTAN MOTOR


www.cahayaintanmotor.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar