Kamis, 29 April 2010

Google Ternyata Masih Melakukan Sensor di China

Meski menyatakan menghentikan sensor pada layanannya di China, Google ternyata tak sepenuhnya menghentikan sensor tersebut. Layanan search engine Google yang dipasang di berbagai situs mitranya di "Negeri Tirai Bambu" tersebut masih menerapkan sensor sampai saat ini.

Demikian dikatakan Jessica Powell, juru bicara Google di Jepang, Rabu (24/3/2010), Ia mengatakan keputusan untuk mempertahankan layanan bersensor tersebut untuk menghormati kontrak kerja sama bisnis yang selama ini dijalin Google dengan para penyedia layanan internet di China yang memanfaatkan mesin pencariannya.

"Jika ada kasus kami dikontrak untuk menyediakan mesin pencarian yang mensyaratkan sensor, kami akan menghormatinya," ujar Powell, seperti dilansir AP. Namun, ia mengatakan Google akan sepenuhnya menghentikan sindikasi layanan pencariannya di China begitu semua kontrak habis tanpa menyebut tanggal pastinya.

Sebelumnya, Google bersikeras menghentikan sensor sejak 12 Januari 2010 di China. Negosiasi dengan Pemerintah China selama lebih dari dua bulan agar bisa tetap beroperasi tanpa sensor tidak membuahkan hasil. Akhirnya Google mulai Senin (22/3/2010) memutuskan untuk mengalihkan server layanan Google.cn ke Hong Kong. Sementara kantor pemasaran serta fasilitas riset dan pengembangan Google di China tetap dipertahankan sampai saat ini.



DIPOSTKAN OLEH SHOWROOM CAHAYA INTAN MOTOR


www.cahayaintanmotor.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar