Kamis, 29 April 2010

Mobil Listrik Paling Ringan di Jepang

Mobil listrik saat ini mulai memasuki era baru di Jepang. Teijin Group asal Negeri Sakura membuat kendaraan listrik super-ringan yang mereka namakan PU-PA EV. Penggunaan bahan baku ringan pada struktur "tubuh" membuat bobotnya setengah kali lebih ringan dari produk konvensional.

PU-PA EV dibangun menggunakan berbagai jenis material, antara lain, serat karbon, resin polycarbonate, dan bio-poliester. Hasilnya, mobil cuma memiliki berat 437 kilogram, seperti dilansir Autoevolution, Minggu (25/4/2010).

Nama Pupa diambil dari kepompong, bagian dari metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu. Hal ini tecermin dari visi Teijin yang memprediksi bahwa kendaraan akan seperti pupa dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Kecepatan Pupa mencapai 60 km per jam dengan jarak tempuh 100 km. Mobil ini juga menggunakan berbagai bahan baku ramah lingkungan untuk mendukung terciptanya mobil yang lebih "hijau".

Di interior, hampir seluruh permukaannya menggunakan bahan bio-poliester, sebut saja jok, karpet, dan berbagai peralatan komunikasi yang ada di dasbor. Sementara itu, bagian atas dari peredam kejut menggunakan bahan polycarbonate resin.

Saat ini, mobil konsep tengah dipamerakan di Teijin Mirai Studio, Tokyo, Jepang. Teijin Group merupakan perusahaan yang menjamah berbagai industri, yakni otomotif, aviasi, informasi, elekrtonik, kesehatan, lingkungan, dan teknologi.



DIPOSTKAN OLEH SHOWROOM CAHAYA INTAN MOTOR


www.cahayaintanmotor.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar