Minggu, 25 April 2010

Server Kepanasan Bikin Wikipedia Mati Sejam

Situs ensiklopedia online, Wikipedia, sempat mengalami masalah pada Rabu (24/3/2010) selama sekitar satu jam. Masalah ini rupanya dipicu matinya salah satu server di Eropa karena kelebihan panas.

"Karena masalah kelebihan panas pada salah satu pusat data kami di Eropa, kami mematikan server-server untuk mencegah kerusakan," demikian pernyataan yang dirilis Wikipedia dalam halaman Facebook-nya.

Agar layanannya tetap bisa diakses para pengguna dari Eropa, semua trafik diarahkan ke kluster pusat data yang ada di Florida. Meski Wikipedia sudah menerapkan prosedur pengalihan yang standar, perubahan DNS gagal sehingga Wikipedia tidak dapat diakses secara global.

"Masalah ini sudah segera diatasi, tetapi mungkin butuh waktu sekitar satu jam sebelum akses benar-benar dipulihkan untuk semua pengguna karena masalah pada cache-nya," lanjut pernyataan tersebut.

Saat dikunjungi pada Kamis siang ini, situs Wikipedia dapat diakses dengan lancar. Namun, belum ada pernyataan lagi apakah pusat data di Eropa sudah bekerja kembali dengan normal.



DIPOSTKAN OLEH SHOWROOM CAHAYA INTAN MOTOR


www.cahayaintanmotor.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar